Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sehari, Tiga Tewas, 7 Luka Akibat Tabrak Belakang

Kompas.com - 12/01/2012, 08:53 WIB
Mukhamad Kurniawan

Penulis

PURWAKARTA, KOMPAS.com - Dalam sehari terakhir, tiga kecelakaan berupa tabrak belakang truk terjadi di jalan tol di Wilayah Purwakarta, Jawa Barat. Akibat kejadian, 3 orang tewas dan 7 lainnya luka-luka.

Ketiga kecelakaan terjadi dini hari antara pukul 04.00-05.00. Terakhir, Kamis (12/1/2012) pukul 05.00, seorang kernet truk tewas dan sopirnya luka berat setelah menabrak truk lain yang tengah berhenti di Kilometer 70+380 Tol Purbaleunyi di daerah Dangdeur, Kecamatan Babakancikao, Kabupaten Purwakarta.

Berdasarkan pengakuan sopir, keterangan saksi, dan penyidikan sementara polisi, faktor kelalaian sopir dominan sebagai penyebab kecelakaan. Menurut penyidik Unit Kecelakaan Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Karawang, Brigadir Achmad Badrudin, sejumlah kejadian tabrak belakang terjadi dini hari dan turut dipicu oleh kondisi sopir yang lelah atau mengantuk.

Dua kecelakaan serupa terjadi 18 Desember 2011 di Tol Purbaleunyi dan Tol Jakarta-Cikampek. Peristiwa terjadi pagi hari dan melibatkan truk yang sedang berhenti di bahu jalan. Tiga sopir dan kernet tewas dan tiga penumpang lain mengalami luka-luka akibat kejadian tersebut.

Pihak berwenang sebenarnya telah memasang papan imbauan untuk mewaspadai tabrak belakang. Papan imbauan lain meminta sopir untuk istirahat jika kondisinya lelah atau mengantuk. Namun, kecelakaan maut terus terjadi, terutama di jalur tol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com