Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kegempaan Gunung Anak Krakatau Meningkat

Kompas.com - 22/12/2011, 20:19 WIB

CINANGKA, KOMPAS.com — Kegempaan Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda pada Rabu (21/12) sebanyak 165 kali, atau meningkat dibandingkan dengan hari sebelumnya yang 146 kali.

"Dari total kegempaan yang terjadi itu, sebanyak lima kali di antaranya merupakan embusan dan 160 kali vulkanik dangkal dan dalam," kata Kepala Pos Pemantau Gunung Anak Krakatau (GAK) Antor Tripambudi di Cinangka, Serang, Kamis (22/12/2011).

Menurut dia, dalam sebulan terakhir ini, tingkat gempaan GAK flutuasi, tetapi mengalami penurunan ketimbang ketika awal penetapan statusnya menjadi level III atau Siaga pada 30 September 2011.

Terkait kondisi GAK yang masih mengeluarkan kegempaan, Anton mengharapkan agar warga tidak terpengaruh dan tetap melakukan aktvitas rutin seperti biasa.

"Kami menginformasikan kepada warga atau siapa pun untuk tidak panik, apalagi sampai gelisah, karena posisi kita aman sepanjang rekomendasi yang kami buat tidak dilanggar," katanya.

Salah seorang warga Anyer, Kabupaten Serang, Doni, secara terpisah mengaku tidak terpengaruh dengan kondisi Gunung Anak Krakatau yang terjadi saat ini. "Kalau saya pribadi tidak masalah. Saya tetap mencari ikan di tengah laut, seperti biasanya," katanya.

Dia mengatakan, kondisi kegempaan Gunung Anak Krakatau yang saat ini ada pada level III belum membawa dampak yang dirasakan. "Warga selama ini tidak resah karena kegempaannya kali ini tidak seheboh tahun 2010," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com