Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua ABK Pengangkut Imigran Ditemukan Selamat

Kompas.com - 21/12/2011, 03:52 WIB

MALANG, KOMPAS.com - Dua orang yang ditemukan selamat di pesisir Pulau Sempu dan Balekambang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, dipastikan adalah awak buah kapal pengangkut imigran Timur Tengah yang tenggelam di Perairan Prigi, Trenggalek. Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Malang Bagyo Setyono, Selasa (20/12/2011), mengatakan dari hasil pengecekan foto di Pos Penanggulangan Bencana di Trenggalek dan Blitar, keduanya dipastikan ABK yang kapalnya tenggelam.

"Saat ditemukan keduanya mengaku hanya nelayan biasa yang mencari ikan. Namun, setelah kami foto dan kroscek ke Trenggalek dan Blitar, ternyata mereka adalah ABK yang mengangkut imigran Timur Tengah dan tenggelam di Perairan Prigi," katanya.

Kedua ABK yang ditemukan warga dalam kondisi terapung di sisi timur Pulau Sempu dan Balekambang Malang pada Senin itu, masing-masing bernama Ronald (24) dan Rivan (26), asal Kota Ba’a, Rote, Nusa Tenggara Timur.

Bagyo mengatakan, pihaknya bersama petugas Kepolisian Resor Malang terus melakukan pengawasan terhadap kedua ABK kini masih menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Kanjuruhan, Kepanjen, Malang. "Kita tunggu sampai kondisinya membaik. Saat ini kami belum bisa langsung memeriksa dan menanyakan kronologi tenggelamnya kapal yang mengangkut imigran Timur Tengah tersebut," katanya.

Sebelumnya, Kepala Polair Sendang Biru, Malang, Iptu Slamet Prayitno, juga telah menduga bahwa kedua orang yang ditemukan tersebut merupakan ABK dari kapal imigran yang tenggelam di Trenggalek. "Dugaan awal memang ada karena pada saat yang sama tidak ada kejadian kapal tenggelam di wilayah perairan selatan Kabupaten Malang, sehingga dua orang yang ditemukan terapung itu sangat mungkin adalah ABK kapal tersebut," katanya.

Ia menambahkan, pihaknya telah menyerahkan penanganan kasus kedua nelayan tersebut ke Polres Malang untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut. "Tugas Polair setelah menemukan dan menyelamatkan korban, langsung membawanya ke rumah sakit untuk perawatan. Selanjutnya Polres Malang yang menindaklanjuti pemeriksaan," kata Iptu Slamet.

Seperti diberitakan, sebuah kapal yang mengangkut ratusan penumpang yang diduga imigran asal Timur Tengah dengan tujuan Australia, tenggelam di kawasan Perairan Prigi, Trenggalek, pada Sabtu (17/12/2011).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com