Danau Singkarak Jadi Ikon Pariwisata Sumbar

Kompas.com - 13/12/2011, 15:52 WIB
EditorI Made Asdhiana

PADANG, KOMPAS.com — Danau Singkarak, yang terletak di Kabupaten Solok dan Tanah Datar, Sumatera Barat, dijadikan ikon untuk memajukan dunia pariwisata Sumatera Barat. "Diharapkan, dengan menjadikan Singkarak sebagai ikon pariwisata, citra yang terbentuk bukan seputar danau tersebut, tapi seluruh obyek wisata yang ada di Sumbar," kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di Padang, Selasa (13/12/2011).

Nama Danau Singkarak setiap tahun dipakai untuk kegiatan olahraga dan pariwisata internasional "Tour de Singkarak" yang digelar atas kerja sama Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata RI dengan Pemerintah Provinsi Sumbar dan kabupaten/kota di provinsi ini. Menurut Prayitno, Tour de Singkarak telah membentuk news value yang merupakan ajang promosi Sumbar secara keseluruhan.

Di masa datang, diharapkan kabupaten/kota sudah merancang paket-paket wisata sejalan dengan pelaksanaan Tour de Singkarak sehingga kegiatan ini tidak hanya sebatas kegiatan, tetapi juga menjadi bagian dari paket wisata yang sudah terprogram secara simultan di antara kabupaten/kota.

Untuk itu, Kabupaten Solok sudah masuk dalam sepuluh destinasi wisata unggulan di Sumbar. Guna menjadikan Singkarak sebagai salah satu obyek wisata yang memiliki daya tarik, tentu menjadi tanggung jawab bersama pemerintah provinsi/kabupaten dan kota di samping mengupayakan bantuan dari Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif.

Sementara untuk rencana induk dan detail engineering design (DED), pengembangan Singkarak sebagai destinasi wisata dapat disiapkan oleh pemerintah kabupaten setempat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.