Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenazah Korban ke-22 Jembatan Kukar Ditemukan

Kompas.com - 12/12/2011, 14:44 WIB

TENGGARONG, KOMPAS.com - Jasad korban ke-22 ambruknya Jembatan Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur pada 26 November 2011, ditemukan pada Senin (12/12/2011) pagi. Dengan demikian hingga saat ini 14 orang yang masih dinyatakan hilang.

"Untuk sementara, korban ditemukan ke-22 ini diduga seorang petugas keamanan (Satpam) Bank BNI Cabang Tenggarong. Namum, kami belum berani menyimpulkan identitas korban walaupun pada tubuhnya masih melekat pakaian seragam serta tanda pengenal sebab masih perlu pencocokan," kata Ketua Tim Disaster Victim Identification (DVI) Kalimantan Timur, Ajun Komisaris Besar, Budi Heryadi di Tenggarong.

Dilaporkan bahwa korban ditemukan mengapung di sekitar Kecamatan Loa Kulu atau lebih empat kilomter dari lokasi ambruknya Jembatan Kartanegara pada  Senin pagi (12/12) sekitar 07.45 Wita.

Identifikasi sementara korban berdasarkan karena seragam dan ada kartu identitas, yakni  satpam BNI bernama Anas Kuriniawan (34). Namun, Tim Disaster Victim Identification (DVI) Kalimantan Timur belum berani memastikan 100 persen identitas korban sebab masih perlu pencocokan.

"Kami masih melakukan identifikasi untuk mencocokkan properti yang digunakan korban berdasarkan keterangan keluarga nya di posko ’ante mortem’ dengan data hasil identifikasi kami di ’post mortem’. Dari pencocokkan data itulah baru kami bisa mengambil kesimpulan," kata Budi Heryadi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun di Posko Jembatan Ambruk Polres Kutai Kartanegara, Anas dilaporkan hilang oleh rekannya. "Korban dilaporkan hilang oleh rekannya bernama Suyono. Berdasarkan keterangan Suyono, pada Sabtu (26/11), korban ditugaskan ke Samarinda dan diduga dia ikut terjatuh saat pulang," katanya.

Menurut Ajun Komisaris Suradji, petugas di Posko Jembatan Ambruk Polres Kutai Kartanegara, Anas Kurniawan merupakan salah satu korban yang dilaporkan hilang sehingga dinyatakan bahwa sampai kini masih 14 orang lainnya dinyatakan masih hilang.

Jembatan Kartanegara ambruk pada Sabtu (26/11) mengakibatkan 22 orang tewas dan 14 lainnya dinyatakan masih hilang. Jembatan gantung terpanjang di Indonesia dengan konstruksi mirip Golden Gate di kota San Francisco, Amerika Serikat itu runtuh saat dalam perawatan.

Pihak kepolisian kini telah memeriksa sejumlah saksi termasuk kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kutai Kartanegara, namun sampai kini belum ada yang ditetapkan menjadi tersangka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com