Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyelam Tradisional Temukan Tiga Bangkai Mobil

Kompas.com - 12/12/2011, 01:06 WIB

TENGGARONG, KOMPAS.com — Para penyelam tradisional berhasil menemukan tiga bangkai mobil di lokasi ambruknya Jembatan Kutai Kartanegara di dasar Sungai Mahakam, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

"Hari ini (Minggu), para penyelam tradisional telah mendeteksi tiga kendaraan roda empat. Posisinya masih berada di dasar Sungai Mahakam dan sudah siap untuk ditarik," ungkap Wakil Bupati Kutai Kartanegara M Ghufron, Minggu (11/12/2011).

Ketiga mobil itu seperti disampaikan telah diikatkan pada crane barge sehingga jika bergeser, maka posisinya tetap akan diketahui.

"Arus Sungai Mahakam hari ini cukup deras sehingga upaya pengangkatan terpaksa dihentikan dan akan dilanjutkan besok pagi, Senin (12/12/2011). Kami tidak mau mengambil risiko terhadap keselamatan para penyelam dan kekuatan tali crane barge itu sendiri. Oleh karena itu berdasarkan kesepakatan semua pihak, upaya penarikan hari ini dihentikan," katanya.

"Posisi ketiga mobil itu persis di bawah crane barge sehingga kami tidak akan menggeser alat itu sampai besok pagi. Sementara itu, jalur lalu lintas angkutan bahan bakar minyak dan ponton batu bara akan diarahkan ke tengah sungai agar tidak mengganggu posisi crane barge tersebut," ungkap Ghufron.

Kepastian penemuan ketiga mobil di dasar Sungai Mahakam tersebut, menurut Wakil Bupati Kutai Kartanegara, diungkapkan oleh keenam penyelam tradisional.

"Mereka mengatakan telah mengikat ketiga kendaraan roda empat itu sehingga kami yakin para penyelam tradisional tersebut berhasil menemukan mobil itu. Diduga pada mobil tersebut ada korban manusia, tetapi kepastiannya baru bisa diketahui setelah mobil berhasil diangkat. Kami juga belum tahu jenis mobil dan mengenai kemungkinan jumlah korban yang ada di mobil tersebut," ungkap Ghufron.

Upaya para penyelam tradisional tersebut, lanjut Ghufron, tetap diawasi oleh penyelam profesional. "Mereka tetap diawasi oleh para penyelam profesional yang bersiaga untuk membantu penyelam tradisional jika terjadi sesuatu," kata Ghufron.

Pada Minggu siang, sebuah obyek diduga mobil sempat diangkat, tetapi tiba-tiba tali pengait dari crane barge terputus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com