Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembongkaran Jembatan Susua Dibatalkan

Kompas.com - 06/12/2011, 14:24 WIB
Mohammad Hilmi Faiq

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com- Pemerintah Kabupaten Nias Selatan membatalkan rencana pembongkaran bangkai jembatan Sungai Susua untuk dibangun lagi menjadi jembatan penyeberangan. Rencana itu dinilai tidak efisien waktu dan tenaga.

Jembatan Sungai Susua yang menjadi penghubung Kecamatan Mazo dan Lahusa yang ambruk diterjang luapan air suangi bersamaan dengan longsor di Desa Baruze, Kecamatan Mazo akhir November lalu.

Kini, enam desa di Kecamatan Mazo terisolasi. Pemerintah Kabuapaten Nias Selatan memutuskan untuk membangun jembatan darurat dari batang kepala. Semua batang kelapa sudah terkumpul dan mencukupi untuk dijadikan bahan pembangunan jembatan sepanjang 60 meter.

"Saya perkirakan dalam kurun waktu sepekan, jembatan sudah selesai," kata Komandan Kodim 0213 Letnan Kolonel Kav Rayen Obersyl saat dihubungi dari Medan, Selasa (6/12/2011).

Dia mengerahkan 41 anak buahnya dibantu 10 polisi dan 29 tenaga dari Pemerintah Kabupaten Nias. "Semestinya pembangunan jembatan sudah bisa dimulai hari ini. Tetapi terkendala alat beratnya belum datang," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com