Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aparat Tertibkan Perambah TNBBS di Pematangsawa

Kompas.com - 05/12/2011, 14:42 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

KOTA AGUNG, KOMPAS.com - Sekitar 300 aparat tim terpadu dari unsur kepolisian, polisi hutan, TNI, dan LSM melakukan penertiban perambah di kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) di Pematangsawa, Kabupaten Tanggamus, Lampung, Senin (5/12/2011).

Keberangkatan tim terpadu yang akan bertugas menggusur pemukiman perambah dan tanaman mereka di kawasan TNBBS di Pematangsawa itu, dilepas Kepala Polres Tanggamus Ajun Komisaris Besar Bayu Aji dan Kepala Balai Besar TNBBS John Kenedie.

Para anggota tim terpadu berangkat membawa sejumlah ransel berisi penuh logistik dan tenda.

Menurut Bayu Aji, tim akan bertugas hingga 15 hari melakukan operasi penertiban perambah.

Menurut John Kenedie, luas kawasan TNBBS yang dirambah di wilayah Pematangsawa, khususnya Pekon Tiron dan Karang Berak, diperkirakan mencapai 1.500 hektar.

Di kawasan itu terdapat puluhan gubuk perambah. Wilayah yang dirambah ini digunakan para perambah untuk lahan perkebunan kopi dan sedikit sawah.

Operasi terpadu penertiban perambah itu, merupakan yang ketiga kalinya dilakukan di sejumlah lokasi berbeda di TNBBS sepanjang tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com