Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Ancam 98 Kabupaten di Jawa

Kompas.com - 16/11/2011, 16:25 WIB
Orin Basuki

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Badan Nasional Penanggulangan Bencana memperkirakan 98 kabupaten di Pulau Jawa berpotensi dilanda banjir dan longsor pada Januari 2012. Bencana itu dikhawatirkan akan menimbulkan korban karena sekitar 120 juta jiwa menetap di Jawa.

"Berdasarkan prediksi banjir dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) diperkirakan sekitar 98 kabupaten atau kota di Jawa dilanda banjir pada Desember 2011 hingga Januari 2012. Banjir terjadi di dataran rendah, khususnya di daerah cekungan, bantaran sungai, dan daerah yang secara alamiah sering terjadi banjir," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, di Jakarta, Rabu (16/11/2011).

Menurut Sutopo, di Indonesia terdapat 172 kabupaten/kota yang berisiko tinggi terkena bencana banjir, dan 118 kabupaten atau kota berisiko sedang. Sementara risiko tinggi dari bencana longsor sebanyak 154 kabupaten/kota, dan 149 kabupaten/kota berisiko sedang.

Ancaman banjir musim hujan periode 2011-2012 sangat nyata. Analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa kondisi normal hingga La Nina lemah akan dominan sampai akhir tahun 2011. Awal musim hujan 2011/2012 hingga Agustus 2012, sirkulasi monsoon di Indonesia umumnya masih dalam kisaran normal.

"Saat ini peningkatan suhu permukaan air laut di hampir sebagian besar perairan wilayah Indonesia menyebabkan pasokan uap air pembentuk awan berlimpah. Akibatnya, terjadi hujan dengan intensitas tinggi," ujar Sutopo.

Beberapa daerah telah dilanda banjir seperti di Pesisir Selatan, Pasaman, Jakarta, Kalimantan Selatan, dan sebagainya.

Berdasarkan prakiraan potensi banjir dari BMKG, Kementerian Pekerjaan Umum dan Bakosurtanal hingga Januari 2012 mendatang terdapat 11 provinsi yang memiliki potensi tinggi banjir.

Ke-11 provinsi tersebut adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kalimantan Barat, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Sebanyak 16 provinsi yang diidentifikasi sebagai daerah longsor oleh Badan Geologi adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kalimantan Barat, Sumatera Selatan, Banten, Jabar, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Begkulu, Jambi, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua Barat, dan Papua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com