Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sindikat Upal di Purwokerto Kembali Diungkap

Kompas.com - 16/11/2011, 13:58 WIB
Gregorius Magnus Finesso

Penulis

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Aparat Kepolisian Resor Banyumas, Jawa Tengah kembali menangkap sindikat pengedar uang palsu yang beroperasi di Purwokerto dan sejumlah kota provinsi ini. Saat ini, polisi masih menyelidiki untuk mengungkap produsen uang palsu tersebut.

Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah, Inspektur Jenderal Didiek Sutomo Triwidodo,, Rabu (16/11/2011) seusai gelar kasus uang palsu di Polres Banyumas, Purwokerto, mengatakan, seluruh tersangka ada lima orang, satu perempuan dan empat laki-laki. Semua tersangka berasal dari luar Purwokerto

Menurut Didiek, dari para pelaku, berhasil diamankan barang bukti uang palsu senilai Rp 73 juta terdiri pecahan Rp100.000, Rp 50.000, dan Rp 20.000. "Kami terus-menerus melakukan upaya penyelidikan sampai menemukan pusat pencetakan uang palsu ini," ujarnya.

Menurut dia, peredaran uang palsu cenderung terjadi menjelang hari raya maupun hari-hari pasaran. Oleh karena itu, pihaknya mengimbau masyarakat untuk mewaspadai kemungkinan adanya peredaran uang palsu tersebut, terutama mendekati Hari Natal dan Tahun Baru.

Kasus peredaran uang palsu terungkap setelah Satuan Reserse Kriminal Polres Banyumas menangkap seorang wanita berinisial Sal (56) yang diduga sebagai pengedar uang palsu. Sal, yang mengaku pedagang dari Wonosobo, Jateng, ditangkap awal November di sebuah hotel di Purwokerto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com