Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencoba dan Menikmati Tol Semarang-Ungaran

Kompas.com - 11/11/2011, 15:37 WIB
P. Raditya Mahendra Yasa

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Ruas Tol Semarang-Ungaran sepanjang 14,4 kilometer siap dioperasikan. Peresmiannya akan dilakukan Sabtu (12/11/2011) besok. Tol ini merupakan bagian dari proyek pembangunan Tol Semarang-Solo, Jawa Tengah.

Tol yang melewati medan berbukit ini akan menawarkan pemandangan yang indah dengan melewati sejumlah jembatan berketinggian lebih dari 30 meter. Meski demikian, pengendara kendaraan yang baru pertama kali melintasi jalan tol tersebut harus berhati-hati dengan tanjakan terjal.

Faktor alam yang berbukit dan jalan naik-turun membuat kendaraan harus dalam kondisi prima baik mesin maupun sistem pengereman. Udara pegunungan yang sejuk serta hijaunya pegunungan di sisi jalan membuat kita enggan memacu kendaraan.

Pada percobaan awal saat arus mudik Lebaran lalu, banyak pengendara menepikan mobilnya untuk menikmati suasana dan berfoto bersama.

Kondisi alam yang rawan longsor di beberapa titik seperti Kilometer 17 dan Km 18 perlu diwaspadai bagi pengendara, apalagi saat musim hujan seperti ini. Selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com