Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Curah Hujan Meningkat, Warga Pantau Lahar Melalui HT

Kompas.com - 03/11/2011, 16:31 WIB
Aloysius Budi Kurniawan

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Meningkatnya curah hujan di sekitar puncak dan lereng Merapi membuat para warga dan relawan di sekitar Merapi bersiap siaga.

Setiap hari, warga dan relawan di sekitar lereng Merapi kini selalu memantau ancaman lahar dingin melalui alat komunikasi handy talkie (HT). Perkembangan aliran air hujan yang berpotensi menurunkan lahar dingin di sepanjang sungai selalu dilaporkan melalui alat komunikasi tersebut.

Dalam tiga hari terakhir, kawasan lereng Merapi hingga Kota Yogyakarta terus-menerus diliputi mendung serta hujan.

"Kami tak pernah lepas dari HT dan harus selalu waspada apabila ada laporan turunnya lahar dari kawan-kawan di atas. Di Magelang bahkan kabarnya telah ditetapkan status Siaga I lahar dingin Merapi," kata Bambang, warga Sleman, Kamis (3/11/2011).

Alat komunikasi HT kini menjadi satu-satunya alat komunikasi andalan selain telepon seluler. Sebab, melalui alat ini setiap warga bisa saling berkomunikasi dan memberikan informasi tentang kondisi terakhir aliran lahar dingin Merapi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com