Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peran Swasta Tingkatkan Kesadaran Donor Darah

Kompas.com - 31/10/2011, 19:11 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Jumlah pendonor darah di provinsi Jawa Barat masih sangat minim dibandingkan provinsi lainnya. Saat ini diperkirakan baru sebanyak 2 persen dari jumlah penduduk Jawa Barat atau 43 juta jiwa yang mendonorkan darahnya.

Secara nasional, kebutuhan kantong darah per tahunnya mencapai 4,5 juta kantong. Sejauh ini, baru tersedia 3,5 juta kantong, sehingga masih ada 1 juta kantong darah yang harus disediakan oleh PMI.

Untuk kota Bandung sendiri, dari kebutuhan 300 orang pendonor tiap harinya, kini hanya ada 100 orang pendonor per hari. Karena itu perlu ada upaya terus menerus untuk menggalakkan kegiatan donor darah di Kota Bandung tidak hanya oleh pemerintah tetapi juga pihak swasta.

Langkah ini diantaranya ditempuh Cipaganti Group yang menyelenggarakan kegiatan donor darah untuk memenuhi kebutuhan 300 kantong darah per harinya di provinsi Jawa Barat.

Kegiatan Corporate Social Responsibility Cipaganti Group ini mencakup pengobatan gratis dan kegiatan donor darah yang diadakan Sabtu (29/10/2011). Menurut Stanley William, Head of Marketing Communication Cipaganti Group, kegiatan donor darah dan pengobatan gratis ini sudah yang ke-9 kalinya diselenggarakan oleh Cipaganti Group bersama dengan Aston Primera Bandung.

“Program CSR seperti ini menjadi prioritas utama Cipaganti Group karena tidak dapat dipungkiri kebutuhan akan layanan kesehatan yang memadai masih menjadi kebutuhan dasar dari khalayak umum saat ini,” jelas Stanley William. “Ini merupakan wujud refleksi komitmen dan tanggung jawab Cipaganti Group sebagai korporasi nasional di Indonesia yang peduli atas kesejahteraan masyarakat dan lingkungan."

Stanley berharap, kegiatan pengobatan gratis dan donor darah ini akan berlanjut pada tahun 2012 nanti dengan target 1000 pendonor. Kepada reporter Radio Raka 98.8 FM Bandung, Stanley menambahkan, kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama antara Cipaganti Group dengan Aston Primera Pasteur Hotel Bandung, PMI Kota Bandung serta Kelompok Bhakti Sosial Pengusaha (KBSP).

Selain memberikan pelayanan kepada masyarakat umum, Cipaganti Group juga terus memberikan pelayanan konkrit bagi karyawannya, antara lain beasiswa untuk anak-anak pengemudi dan pegawai, bantuan transportasi bagi siswa- siswi yang berprestasi di sekolah sehingga mereka tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi ke sekolah.

Sementara itu di bulan November nanti, Cipaganti Group akan menyelenggarakan kegiatan CSR berupa One Car One Three. Dengan mengerahkan 4000 armada Cipaganti Group, sebanyak 4000 benih pohon akan diserahkan dan ditanam di wilayah Kabupaten Bandung Barat.

“Kiranya seluruh upaya ini bisa mewujudkan bangsa Indonesia yang lebih baik dan merupakan terjemahan dari keinginan masyarakat pada umumnya untuk terlibat secara aktif dalam berbagai program sosial Cipaganti Group bersama rekanan”, demikian harapan yang disampaikan Stanley William. Raka 98.8 FM Bandung/Viliny Lesmana

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com