Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Letusan Lokon Naik, Lewotobi Turun

Kompas.com - 30/10/2011, 02:33 WIB

Manado, Kompas - Intensitas letusan Gunung Lokon di Tomohon, Sulawesi Utara, Jumat (28/10), bertambah banyak. Ferry Rusmawan, petugas pos pengamatan Gunung Lokon dan Mahawu, melaporkan, letusan Gunung Lokon terjadi enam kali sejak pukul 12.00 hingga pukul 15.00.

Sebaliknya, aktivitas vulkanik Gunung Lewotobi di Kecamatan Wulanggitang, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, sudah menurun. Demikian pula statusnya turun dari waspada ke normal.

Ferry mengatakan, secara berturut-turut, Gunung Lokon menyembur tiga kali pada pukul 12.00 dengan mengeluarkan asap bercampur debu vulkanik setinggi 250 meter. Dua jam kemudian, Gunung Lokon kembali beraktivitas pada pukul 14.05, 15.03, hingga pukul 15.26 dengan skala lebih kecil.

Ferry juga menyebutkan, letusan Gunung Lokon agak menurun dibandingkan dengan Rabu lalu yang sempat membuat panik masyarakat Kota Tomohon, terutama mereka yang bermukim di kaki gu- nung.

Pelaksana Tugas Wali Kota Tomohon Jemmy Eman mengatakan, aparatnya terus mewaspadai letusan-letusan Gunung Lokon. Koordinasi dengan sejumlah pihak terus dilakukan untuk mengantisipasi letusan berikutnya. 

Gunung Lewotobi normal

Sementara itu, aktivitas Gunung Lewotobi normal dan tidak ada lagi gempa vulkanik dengan intensitas sampai 28 kali per hari seperti pada awal September 2011.

Bupati Flores Timur Yoseph Lagadoni Herin di Larantuka, Jumat, mengatakan, menurut Badan Vulkanikologi, Meteorologi, dan Geofisika Bandung, aktivitas Gunung Lewotobi sudah mulai rendah dan perlahan kembali normal.

”Masyarakat tidak perlu resah lagi. Menjelang musim hujan tahun ini, masyarakat diharapkan mengolah lahan dengan tenang,” kata Lagadoni. (ZAL/KOR)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com