Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadwal Penerbangan di Bandara Sultan Hasanuddin Pulih

Kompas.com - 20/10/2011, 13:39 WIB
Aswin Rizal Harahap

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Jadwal penerbangan di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan, kembali pulih menyusul kerusakan pada sistem penerimaan data radar bandara, Kamis (20/10/2011) pukul 08.30 Wita. Gangguan terhadap 24 penerbangan dari dan ke Makassar mula i normal setelah pukul 11.00.

Jadwal umumnya terlambat 2-4 jam akibat gangguan tersebut. Dua jadwal Garuda Indonesia GA 613 dan GA 641 tujuan Jakarta yang semestinya lepas landas pukul 08.00 dan 09.00 baru diberangkatkan pada pukul 11.00. Begitu pula deng an Express Air XN 9008 dan XN 800 tujuan Baubau dan Jayapura yang baru lepas landas pukul 11.30 dari jadwal semestinya pukul 09.00.

Adapun Lion Air JT 702 tujuan Kendari yang seharusnya berangkat pukul 10.40 terlambat hingga pukul 14.30 akibat terganggunya jadwal pagi tadi.

Manajer Air Traffic Control (ATC) Bandara Sultan Hasanuddin, Tavip Wibowo, mengemukakan, sistem pemantauan radar bandara sebenarnya berfungsi normal. Namun, pihaknya tidak dapat mendeteksi identitas pesawat yang tengah mengudara. Akiba tnya, jadwal penerbangan terpaksa dihentikan untuk menghindari hal-hal yang membahayakan keselamatan penumpang.

Kemungkinan gangguan pada sistem penerimaan data disebabkan oleh virus karena computer sempat hang . Namun, teknisi ATC masih menganalisa penyebab sebenarnya gangguan ini, ungkap Tavip.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com