Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.852 Jemaah Haji Sultra Mulai Berangkat

Kompas.com - 19/10/2011, 20:27 WIB
Mohamad Final Daeng

Penulis

KENDARI, KOMPAS.com — Gelombang pertama dari total 1.852 jemaah calon  haji 2011 asal Sulawesi Tenggara mulai diberangkatkan dari asrama haji Kota Kendari menuju embarkasi Makassar, Rabu (19/10/2011). Jumlah jemaah tahun ini meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya 1.668 jemaah.

Pada Rabu ini, pemberangkatan dibagi tiga gelombang dengan jemaah calon haji sebanyak total 407 jemaah. Keberangkatan itu dilepas Gubernur Sultra Nur Alam. Jemaah Sultra  masuk dalam enam kelompok terbang (kloter), yakni kloter 24, 25, 26, 27, 29, dan 46.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji, Zakat, dan Wakaf Kantor Wilayah Kementerian Agama Sultra Tamrin mengatakan, peningkatan jemaah tahun ini dikarenakan peningkatan kuota nasional. "Tahun ini, Sultra mendapat tambahan kuota 220 orang," ujarnya.

"Pemberangkatan dari Sultra menuju embarkasi Makassar ini dilakukan secara bergelombang hingga 30 Oktober mendatang. Kloter pertama yang menuju tanah suci akan berangkat dari Makassar pada 21 Oktober nanti," ujar Tamrin.

Selain di Kota Kendari, pemberangkatan menuju embarkasi Makassar via transportasi udara juga dilakukan di Kota Baubau, Kabupaten Kolaka, dan Kabupaten Wakatobi. Seluruh jemaah dari 12 kabupaten/kota pemberangkatannya dipusatkan di empat titik tersebut.

Tamrin menambahkan, jemaah asal Sultra tahun ini mendapat keuntungan, karena letak pemondokan di tanah suci yang berdekatan dengan lokasi ibadah. Untuk di Mekkah, jamaah Sultra ditempatkan di ring I (radius terjauh 2 Km dari Masjidil Haram) dan di Madinah pemondokan terjauh hanya berjarak 500 meter dari Masjid Nabawi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com