Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isu Pencaplokan Camar Bulan Rugikan Warga Temajuk

Kompas.com - 16/10/2011, 14:11 WIB
Agustinus Handoko

Penulis

SAMBAS, KOMPAS.com - Isu pencaplokan sebagian Kampung Camar Bulan, merugikan seluruh masyarakat Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Warga desa itu masih menggantungkan sebagian pemenuhan kebutuhan hidup di Negara Bagian Sarawak, Malaysia.

Masyarakat Temajuk, Minggu (1/10/2011) masih harus tetap membeli sebagian bahan makanan seperti garam, beras, tepung, dan, minyak goreng ke Teluk Melano, Sarawak.

Akses ke pusat ekonomi Indonesia yang terdekat dari Temajuk ada di Ibu Kota Kecamatan Paloh, berjarak sekitar 45 kilometer dan butuh ongkos ojek Rp 750.000. "Kalau ke Teluk Melano hanya butuh ongkos sekitar Rp 50.000, kata Kepala Desa Temajuk, Mulyadi.

Mahalnya ongkos transportasi ke Paloh, disebabkan jalan darat baru dibuka sementara pantai hanya bisa dilalui saat surut selama empat jam sehari.

"Kami khawatir, Pemerintah Malaysia akan memperketat akses masyarakat Temajuk ke Melano. Kalau itu terjadi, masyarakat akan sangat dirugikan," kata Hatta (50) warga Temajuk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com