Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polri: Kondisi Timika Sudah Kondusif

Kompas.com - 12/10/2011, 17:50 WIB
Ary Wibowo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakapolri Komisaris Jenderal Nanan Soekarna mengatakan, situasi di Kota Timika, Papua, pasca-insiden bentrokan antara polisi dan pekerja PT Freeport Indonesia, pada Senin (10/10/2011) sudah kondusif. Hal tersebut diungkapkan Nanan berdasarkan laporan dari Kapolri Jenderal (Pol) Timur Pradopo.

"Situasi sudah kondusif, insya Allah. Kapolri (Timur Pradopo) mengatakan semua kondusif dan tidak ada masalah. Sekali lagi kita harapkan semua bisa mendukung," ujar Nanan di Jakarta, Rabu (12/10/2011).

Unjuk rasa sekitar 2.000 warga dari tujuh suku dan pekerja PT Freeport Indonesia di Timika, Papua, Senin kemarin, berakhir rusuh. Dua warga dilaporkan tertembak, tujuh polisi terluka terkena lemparan batu, dan tiga kendaraan operasional PT Freeport hangus dibakar massa.

Dikatakan Nanan, kepolisian akan terus mengamankan Kota Timika, Papua, pasca-insiden bentrokan tersebut. Menurut Nanan, pengamanan tersebut dilakukan kepolisian agar masyarakat Timika tetap merasa aman di daerahnya.

"Tapi memang butuh kesadaran pribadi untuk menghilangkan kepentingan pribadi dan mendahulukan kepentingan umum, masyarakat yang lebih penting," kata Nanan.

Ditambahkan Nanan, kepolisian telah menurunkan beberapa tim untuk mengamankan dan mengusut persoalan insiden di daerah tersebut. Menurutnya, jika memang ada oknum-oknum yang bersalah, baik dari sipil maupun anggota kepolisian, pihaknya akan menindak sesuai dengan hukum yang berlaku.

"Jadi, kalau ada oknum yang salah ditindak, kalau benar kita bela. Kalau ada anggota salah, ya ditindak. Ya kita lihat saja nanti," tegas Nanan.

Bentrokan berdarah tersebut menewaskan Petrus Ayamseba (36), karyawan PT Freeport Indonesia. Sementara empat karyawan lainnya luka setelah diberondong tembakan aparat keamanan. Penembakan tersebut terjadi sekitar pukul 10.30 WIT di Terminal Freeport Gorong-gorong, Timika, Papua. Mereka ditembaki ketika hendak naik ke areal tambang di Tembagapura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com