Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Airasia Tak Terimbas Kekacauan Garuda

Kompas.com - 10/10/2011, 10:11 WIB
Haryo Damardono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kerusakan sistem jaringan telekomunikasi milik PT Telkom Tbk yang menurut juru bicara Garuda Indonesia, Pujobroto, menyebabkan kegagalan sistem tiket milik Garuda Indonesia di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, ternyata tidak terjadi pada maskapai AirAsia yang terbang dari Terminal 1 ataupun Terminal 2.

Corporate Communication Indonesia AirAsia Ika Yanuarini saat dihubungi mengatakan, keberangkatan AirAsia pada Senin (10/10/2011) pagi ini berlangsung normal. "Tidak dilaporkan adanya keterlambatan akibat kerusakan sistem dalam penerbangan Garuda, yang juga sempat berimbas ke AirAsia," kata dia.

Manajer Media Garuda Indonesia Ikhsan Rosan menengarai, masalah teknis terjadi pada jaringan komunikasi milik PT Telkom Tbk, tepatnya pada koneksi dari coreswitch menuju arah Terminal 2 Cengkareng. "Ada koneksi yang terputus di salah satu IP Backhaul-nya Metro-E Telkom," ujar dia.

Hal yang menarik, kata Ika, meski penerbangan internasional AirAsia terbang dari Terminal 2, ternyata tak ada gangguan terhadap sistem online tiket. "'Kalau penerbangan domestik dari Terminal 3 jelas tak ada gangguan," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com