Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadwal Penerbangan Garuda Kacau

Kompas.com - 10/10/2011, 08:12 WIB
Haryo Damardono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sistem online Garuda Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta, Senin (10/2011) pagi ini, terganggu. Proses check in dan boarding dilakukan secara manual sehingga terjadi keterlambatan penerbangan.

Asmadi, seorang calon penumpang, menginformasikan, nomor tempat duduk baru diberikan saat akan masuk pesawat. Di dalam kabin pesawat, nomor tempat duduk tidak tepat, dan ada yang tidak kursinya tidak ada, tetapi nomornya ada.

Ketika dikonfirmasi, juru bicara maskapai Garuda Indonesia, Pujobroto, membenarkan adanya gangguan pada sistem tiket online maskapai tersebut. Gangguan terhadap sistem tiket yang berpotensi menyebabkan keterlambatan penerbangan itu, kata Pujobroto, disebabkan oleh gangguan jaringan milik PT Telkom Tbk.

"Saya terus mengumpulkan informasi supaya dapat mengabarkan kondisi terakhir. Namun, gangguan terhadap sistem tersebut telah berlangsung sejak pukul 01.30," kata dia.

Dari pukul 07.00-08.00 saja, kata Pujobroto, ada 20 jadwal penerbangan Garuda dari Soekarno-Hatta. "Saya belum tahu data kumulatif keterlambatan, tetapi karena terjadi saat rush-hour, tentu saja akan terjadi banyak keterlambatan," katanya.

Pujobroto menjelaskan, gangguan sistem hanya terjadi di Soekarno-Hatta, sementara di bandara lain, seperti Adisutjipto, Ngurah Rai, atau Sam Ratulangi, tidak terjadi gangguan apa pun. "Hanya di Jakarta yang dikerjakan secara manual," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com