Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini Giliran Terminal Cililitan, Klender, Ragunan

Kompas.com - 04/10/2011, 11:58 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Dinas Perhubungan DKI Jakarta melanjutkan operasi pembersihan kaca gelap angkutan umum di tiga lokasi berbeda. Angkutan umum yang melintasi Terminal Cililitan dan Terminal Klender, Jakarta Timur, serta Terminal Ragunan, Jakarta Selatan, menjadi target razia hari ini.

"Fokus operasi masih pada kaca film. Tapi penindakan bisa dilakukan kalau ada pelanggaran lain," kata Ati Suharti, Kepala Terminal Cililitan, Jakarta Timur, kepada Kompas.com di lokasi operasi, Selasa (4/10/2011).

Operasi di Terminal Cililitan dimulai pukul 10.30. Petugas menggunakan tinta tester (alat pengukur ketebalan kaca film) untuk melakukan pengukuran pada sejumlah angkot berkaca gelap. Petugas langsung melepas tempelan kaca film yang melebihi batas maksimal.

"Persentase tembus cahaya kaca film maksimal 70 persen, hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 49 Tahun 1973," kata Ati Suharti.

Penindakan yang diambil masih sebatas melepas tempelan lantaran aturan tersebut masih dalam tahap sosialisasi. Tidak hanya tempelen kaca film, menurut Ati, pihaknya juga akan melepaskan stiker dan hiasan yang dianggap membatasi dan menghalangi jarak pandang.

Walaupun tujuan utama razia adalah membersihkan kaca film gelap, penindakan juga akan diberikan bila ditemukan pelanggaran-pelanggaran lain, seperti kelengkapan surat-surat dan kelayakan kendaraan.

"Kelayakan kendaraan yang diperhatikan seperti bodi keropos, kondisi gas buang, kelengkapan dan berfungsinya lampu-lampu kendaraan," kata Ati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com