Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buruan, "World Batik Summit" Berakhir Hari Ini!

Kompas.com - 02/10/2011, 11:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi Anda yang mencari aktivitas mengisi hari libur, pameran World Batik Summit (WBS) mungkin bisa menjadi pilihan. Kegiatan yang digelar sejak Rabu (28/9/2011) lalu, akan berakhir hari ini, Minggu (2/10/2011), di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, jakarta. WBS yang dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini tidak hanya memamerkan produk kain batik saja.

Sejumlah kerajinan, salah satunya alat musik tradisional juga turut mewarnai pameran yang bertemakan "Indonesia: Global Home of Batik." Ada sekitar 1.000 delegasi nasional dan internasional, mulai dari produsen, pemasar, desainer, perajin, hingga akademisi yang turut serta dalam acara ini.

Khusus untuk peserta non-lokal, tercatat ada 117 peserta dari 11 negara. Tujuan diadakannya WBS ini adalah sebagai wadah pembelajaran bagi warga dunia untuk mengenali produk batik dan prosesnya secara detail.

Saat acara pembukaan Rabu lalu, Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu juga menyerahkan Cetak Biru Pelestarian dan Pengembangan Batik Nasional kepada Presiden.

"Salah satu bagian dari Cetak Biru Batik adalah peningkatan kemampuan pemenuhan input produksinya. Itu antara lain jumlah usaha industri hulu harus ditingkatkan," ujar Mari.

Sebagai informasi, setiap pengunjung yang memasuki WBS dikenakan biaya tiket masuk seharga Rp 10.000 per orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com