Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Pengungsi di Moro-Moro Terserang ISPA

Kompas.com - 24/09/2011, 10:22 WIB

MESUJI, KOMPAS.com - Sejumlah anak-anak pengungsi eks warga Suay Umpu korban penertiban hutan Register 45 di Kabupaten Mesuji, Lampung, kini mulai terserang flu dan penyakit ISPA.

Lebih dari dua pekan pascapenertiban hutan Register 45 Mesuji, sedikitnya 165 keluarga masih bertahan di titik pengungsian di wilayah Moro-Moro Way Serdang yang juga masih berada di kawasan Register 45.

Sekitar 35 orang di antaranya merupakan anak-anak. Sumarno (28), salah seorang pengungsi mengatakan, puterinya Fiki Saputra (5) mulai terserang flu beberapa hari terakhir akibat cuaca dan keterbatasan fasilitas tinggal.

"Cuaca kan cukup panas akhir-akhir ini. Tidur pun dengan kondisi seadanya," ucapnya. Di tenda-tenda yang dibangun melalui solidaritas sejumlah lembaga swadaya masyarakat, para pengungsi tidur hanya beralaskan terpal dan tikar.

Menurut Pujiono, pengungsi lainnya, mereka saat ini membutuhkan bantuan obat-obatan. Untuk makanan sementara ini mencukupi. Sementara, upaya penyediaan air bersih melalui penggalian sumur bur sedalam 70 meter kurang menggembirakan karena air masih keruh.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com