Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda Maluku Selidiki Asal Tembakan

Kompas.com - 22/09/2011, 09:30 WIB

AMBON, KOMPAS.com — Banyaknya warga yang terluka karena tembakan saat kerusuhan terjadi di sejumlah daerah di Ambon, 11 September, membuat Kepolisian Daerah Maluku membentuk tim untuk menyelidiki asal tembakan.

"Saat kerusuhan memang ada tembakan dari aparat ataupun dari warga yang menggunakan senapan angin. Namun, kami belum dapat memastikan tembakan yang melukai banyak warga itu dari peluru aparat atau dari senapan angin warga. Kami membentuk tim tersendiri untuk menyelidiki masalah tersebut," ujar Kepala Kepolisian Daerah Maluku Brigadir Jenderal (Pol) Syarief Gunawan di Ambon, Kamis (22/9/2011) .

Tim yang dibentuk itu juga melibatkan Inspektorat Pengawasan Daerah (Irwasda) Polda Maluku. Irwasda sekaligus akan menyelidiki apakah penggunaan peluru oleh aparat sudah sesuai prosedur atau tidak sehingga jika diketahui ada kesalahan prosedur, aparat yang bersangkutan bisa langsung dikenai sanksi.

Kapolda Maluku melanjutkan, penyelidikan ini dilakukan dengan memperhatikan pula mental petugasnya yang saat ini masih bertugas menjaga keamanan di Ambon pasca-kerusuhan. "Jangan sampai penyelidikan justru membuat mental mereka jatuh," katanya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com