Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalsel Masih Butuh Hujan Buatan

Kompas.com - 20/09/2011, 16:28 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.com - Sejak 16 September tidak lagi terpantau ada titik panas di Kalimantan Selatan, namun Badan Penanggulangan Bencana Alam Daerah tetap berharap ada hujan buatan di kabupaten yang mengalami kekeringan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah,  Zainal Arifin, Selasa (20/9/2011), mengatakan, jumlah kabupaten yang dilaporkan ada kekeringan bertambah dua, sehingga total menjadi tujuh buah. Kabupaten-kabupaten itu adalah Hulu Sungai Utara, Hulu Sungai Tengah, Banjar, Tapin, Tanah Bumbu, Kota Baru, dan Tanah Laut.

Meski titik api sudah tidak nampak, kami masih menghadapi kekeringan dalam arti global. Masih banyak warga yang masih kesulitan air bersih, nelayan kesulitan mengeluarkan kapal karena sungai kering, dan lainnya.

"Tidak mutlak hujan buatan itu dipergunakan untuk mengatasi titik panas saja, tapi juga kekeringan secara umum," ucap Zainal.

Zainal memperoleh informasi pembuatan hujan buatan masih berlangsung di provinsi tetangga, Kalimantan Tengah, setidaknya untuk tiga pekan ke depan. Dia berharap tujuh kabupaten di provinsinya tetap bisa mendapat hujan buatan, meski hal itu sangat tergantung kondisi terkini baik dari awan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com