Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Solo Uji Emisi Gratis

Kompas.com - 20/09/2011, 15:07 WIB

SOLO, KOMPAS.com- Kementerian Lingkungan Hidup, Selasa (20/9/2011), menyelenggarakan uji emisi gratis bagi kendaraan roda empat di Kota Solo, Jawa Tengah.

Koordinator uji emisi, Sutiman, menyatakan, uji emisi ini sangat penting untuk mengetahui kondisi kendaraan, sekaligus untuk mengetahui apakah gas buang yang dihasilkan dari proses pembakaran masih memenuhi standar lingkungan atau tidak.

Menurut Sutiman, perawatan rutin kendaraan akan membuat performa kendaraaan tetap prima. Emisi gas hidrokarbon (HC) dan karbon monoksida (CO) akan terkontrol, sehingga tidak mencemari udara.

Hasil uji dengan kadar HC dan CO di atas ambang batas, menurut Sutiman, memberi indikasi ada sesuatu yang tidak beres pada kendaraan. Misalnya, kadar CO di atas ambang batas menunjukkan proses pembakaran yang kekurangan oksigen, filter udara rusak, atau setelan karburator yang kurang pas.

Sedangkan jika kadar HC di atas ambang batas mengindikasikan antara lain adanya gangguan pada proses pengapian, fiter udara rusak, atau adanya uap bahan bakar yang tidak sempat terbakar di ruang bahan bakar.

"Kendaraan meskipun usianya tua tetapi jika perawatan rutinnya terjaga, performanya akan terjaga tetap baik dan tidak mengeluarkan gas buang di atas ambang batas. Dari uji ini, banyak juga kita temukan mobil baru dengan keluaran gas buang tinggi karena perawatan periodiknya tidak terjaga ," kata Sutiman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com