Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendaki Asing Tanam Pohon di Gunung Lemongan

Kompas.com - 18/09/2011, 23:04 WIB

LUMAJANG, KOMPAS.com -- Dua pendaki gunung mancanegera, Cris Weber asal Jerman dan Key Ge Beijers asal Belanda, ikut pertisipasi melakukan penghijauan bersama Laskar Hijau di Gunung Lemangan di Kecamatan Klahak, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu (18/9/2011). Sehari sebelumnya, kedua pendaki menyelesaikan pendakiannya di Gunung Semeru.

Aak Abdullah Al Kudus, koordinator Laskar Hijau, mengemukakan bahwa Weber dan Beijers tertariuk ketika mendengar ada masyarakat yang melakukan gerekan konservasi secara mandiri di Gunung Lemongan. Mereka meminta kepada saya ikut mendaki ke puncak, sekaligus ikut menanam pepohonan bersama para relawan Laskar Hijau.

"Sayangnya kedatangan kedua orang pendaki ini bertepatan pada musim kemarau, maka lokasi penanaman dipilih pada daerah sekitar posko Laskar Hijau saja," kata Abdullah.

Setiap hari Minggu, Abdullah bersama relawan Laskar Hijau menanam pohon di lahan gundul di Gunung Lemongan.

Pohon peninggalan kedua pendaki mancanegara itu merupakan bagian yang menjadi tanda dan kenangan, sehingga setiap saat harus disiram agar tetap tumbuh. Sejak tiga hari terakhir di Gunung Lemongan sudah mulai turun hujan, meski tak deras te tapi cukup membuat tanaman di sekitar gunung itu menjadi segar kembali.

Mereka berdua mengaku sangat terkesan dengan panorama di Gunung Lemongan, apalagi ditambah dengan kegiatan penghijauan yang dilakukan para relawan Laskar Hijau. Penghijauan yang dilakukan Laskas Hijau, menurut mereka, merupakan bentuk penyelamatan terhadap bumi.

"Mereka berjanji untuk datang lagi ke Gunung Lemongan dan akan membantu menanam lebih banyak lagi," kata Abdullah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com