Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Kota Jambi Kesulitan Air

Kompas.com - 12/09/2011, 23:02 WIB

JAMBI, KOMPAS.com - Sebagian warga Kota Jambi dan Kabupaten Muaro Jambi mulai kesulitan air akibat panjangnya kemarau tahun ini. Sebagian warga terpaksa membeli air ke PDAM.

Di Kota Jambi, sulitnya memperoleh air bersih dialami warga yang tinggal di perumahan wilayah Kotabaru, Patimura, dan Kenali Asam.

Salah seorang warga Kenali Asam, Astuti, mengatakan, air di sumur rumahnya mulai kering sejak dua pekan terakhir. Ia pun terpaksa membeli air bersih ke PDAM dengan harga Rp 95.000 per tangki. Air digunakan untuk mandi, mencuci, dan memasak.

"Karena harus beli, pakai air dihemat-hemat. Dalam empat atau lima hari, kami sudah harus beli air lagi," ujarnya, Senin (12/9/2011).

Menurut Astuti, kesulitan air baru dialaminya pada tahun ini. Pada tahun lalu, musim kemarau tergolong pendek, sehingga seumur tidak s ampai mengering.

Kondisi serupa dialami warga di Kabupaten Muaro Jambi. Warga Desa Pudak, Kumpeh Ulu, Muaro Jambi, Yati, mengatakan, sumur di rumahnya telah mengering sejak tiga pekan lalu. Ia terpaksa meminta air bersih pada tetangga yang sumurnya tidak kering.

Selain itu, masa tanam padi di desa ini juga molor. Petani setempat tidak bisa mempersiapkan lahan, karena tanahnya kering. Saluran irigasi di sekitar persawahan tadah hujan tersebut juga tidak ada air

"Kalau sudah seperti ini keadaannya, kami terpaksa menunggu sampai turun hujan, barulah lahan bisa digarap," tutur Sholeh , warga setempat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com