Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahapan Pilkada Ulang Selesai Dirancang

Kompas.com - 08/09/2011, 15:47 WIB

MANOKWARI, KOMPAS.com- Tahapan pemilihan umum kepla daerah Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Barat yang diulang dimulai pada pekan kedua September. KPU Papua Barat akan segera mengumumkan jadwalnya minggu depan.

Sekretaris KPU Papua Barat Thamrin Payapo, Kamis (8/9/2011), mengatakan, jadwal pilkada sudah selesai dirancang, tapi belum diplenokan. Rencananya, akhir pekan ini akan diputuskan dan diinformasikan kepada penjabat gubernur Papua Barat.

Dia memastikan, jadwal tahapan pilkada ulang dimulai minggu depan. "Rencananya kami akan memulai tanggal 15 September ini. Untuk rincian jadwalnya belum bisa dipublikasikan sebab belum diplenokan," ujar Thamrin di kantornya.

Ketua Divisi Hukum KPU Papua Barat Filep Wamafma menambahkan, KPU akan mengumumkan jadwal tahapan setelah pihaknya siap. Jadi, saat jadwal tahapan diumumkan, berarti KPU telah siap secara teknis. Paling lambat, pemungutan suara dilakukan 90 hari setelah Mahkamah Konstitusi menetapkan amar putusan bahwa pilkada gubernur Papua Barat diulang. Atau, selambatnya akhir bulan November, 629.023 orang yang terdata dalam daftar pemilih tetap (DPT) bisa menggunakan hak suaranya.

Sesuai putusan MK, pilkada gubernur diulang pada tahapan kampanye dan pencoblosan. Peserta kampanye tetap empat pasangan, yakni Wahidin Puarada-Herman DP Orisoe; Dominggus Mandacan-Origenes Nauw; Abraham O Atururi-Rahimin Katjong, dan GC Auparay-Hasan Ombaier.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com