Polda Bali Musnahkan 1.007 Senpi Sisa Orba

Kompas.com - 22/08/2011, 14:19 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

DENPASAR, KOMPAS.com - Kepolisian Daerah Bali memusnahkan 1.007 senjata api non organik TNI dan Polri pada masa pemerintahan Orde Baru di halaman Markas Polda Bali, Senin (22/8/2011).

Senjata ini merupakan hasil sitaan dalam operasi sapu jagat yang dilakukan pada tahun 1980-an silam. Selama lebih dari 20 tahun senjata ini tersimpan di gudang Mapolda Bali. Setelah turun surat telegram rahasia Kapolri tentang penghapusan senpi hasil operasi sapu jagad, pemusnahan akhirnya dilakukan hari ini.

"Mulai dari pengguna, kolektor, semua pemilik senjata api yang tanpa surat izin harus diserahkan," ujar Wakapolda Bali, Brigjen Pol Komang Udayana usai pemusnahan. "Karena dulu Bali membawahi NTB dan NTT, ada juga (senpi) dari Tim-Tim yang termasuk daerah bebas (peredaran senjata)," imbuhnya.

1.007 senpi non organik ini masing-masing senpi standar ABRI jenis genggam sebanyak 92 pucuk, senpi standar ABRI jenis bahu sebanyak 96 pucuk, senpi non standar ABRI jenis genggam sebanyak 246 pucuk, dan senpi non standar ABRI jenis bahu sebanyak 573 pucuk.

Proses pemusnahan ini melibatkan tim dari Perbakin. Selanjutnya, senjata yang sudah tidak berfungsi ini ditanam di Mako Brimob Polda Bali.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.