Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Puncak Alternatif Mudik Wisata

Kompas.com - 15/08/2011, 20:08 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Jalur Puncak, Kabupaten Bogor, menjadi alternatif jalur mudik dari arah Jakarta menuju jalur selatan Jawa Barat.

Setelah keluar jalan tol Jagorawi, melintasi kawasan perbukitan Puncak menuju Cianjur hingga masuk tol Cipularang di pintu tol Padalarang.

Berdasarkan pemantauan Kompas, Senin (15/8/2011), jalur alternatif Puncak mampu memberikan sensasi wisata tersendiri. Apalagi jika dibandingkan dengan perjalanan yang monoton dari Jakarta, ketika harus melintasi jalan tol Cipularang.

Jalan aspal sejak keluar dari tol Jagorawi di Ciawi, hingga masuk pintu tol Padalarang ke jalur tol Cipularang menuju Bandung dalam kondisi baik. Jarang terjadi kerusakan atau berlubang.

Kemacetan memang hampir selalu terjadi pada saat melintasi pasar tradisional, seperti pasar di Cisarua, Cipanas, dan Ciranjang di Kabupaten Cianjur pagi hingga siang.

Sepinya jalur Puncak-Cianjur-Padalarang setelah dibukanya tol Cipularang, dikomentari Endang (60), seorang perajin batu ukir di Desa Citatah, Padalarang, "Sekarang jalur ini berangsur makin ramai kembali."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com