Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hampir 2.000 E-KTP Terbit di Jakarta

Kompas.com - 15/08/2011, 19:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Meski peralatan untuk e-KTP belum lengkap, lima kelurahan di Jakarta telah menerbitkan 1.976 e-KTP. Selain itu, ada satu kelurahan yang sudah bisa memulai layanan pembuatan e-KTP, yaitu Kelurahan Semper Timur, Jakarta Utara.

"Meski jumlah e-KTP yang sudah diambilkan datanya dari warga wajib KTP di Jakarta masih minim jumlahnya, pihaknya terus memberikan layanan tersebut dari hari ke hari, tanpa libur," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta Purba Hutapea di Jakarta, Senin (15/8/2011).

Pelayanan nonstop ini dilakukan untuk mengejar target akhir Desember 2011, yaitu seluruh warga Jakarta sudah memiliki e-KTP. Dari lima kelurahan yang telah melayani e-KTP, yakni Kelurahan Menteng (Jakarta Pusat), Kelurahan Cikoko (Jakarta Selatan), Kelurahan Tomang (Jakarta Barat), Kelurahan Mampang Prapatan (Jakarta Selatan), dan Kelurahan Rawabadak Selatan (Jakarta Utara), 1.976 e-KTP dikirimkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) untuk segera diterbitkan.

"Masyarakat bisa mengambil e-KTP sekitar 2 atau 3 minggu setelah pengambilan data. Mereka bisa mengambil e-KTP tersebut di kelurahan masing-masing," ujar Purba.

Untuk Kelurahan Semper Timur, saat ini sedang melakukan pemanggilan dan pendataan warganya. Pada 19 Agustus mendatang, jumlah kelurahan yang memberikan layanan pembuatan e-KTP akan bertambah sebanyak 20 kelurahan hingga total menjadi 26 kelurahan.

Adapun 20 kelurahan yang akan siap menjalankan layanan e-KTP antara lain Kelurahan Petojo Utara, Kelurahan Tanjung Duren Selatan, Kelurahan Tanah Sereal, Kelurahan Kuningan Timur, dan Kelurahan Tegal Parang. Kemudian, Kelurahan Kota Bambu Selatan, Kelurahan Duren Tiga, Kelurahan Ulu Jami, Kelurahan Bidara Cina, Kelurahan Srengseng, Kelurahan Meruya Utara, dan Kelurahan Meruya Selatan.

"Dengan bertambahnya kelurahan yang siap melayani e-KTP, jumlah warga yang dipanggil untuk memberikan data akan semakin banyak sehingga e-KTP yang akan diterbitkan akan bertambah dengan tajam," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com