Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Situ Kamoning Kini Ditanami Padi

Kompas.com - 15/08/2011, 08:58 WIB

KARAWANG, KOMPAS.com- Warga di sekitar Situ Kamojing di Desa Kamojing, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menanami area genangan situ yang menyusut airnya dua bulan terakhir. Sebagian besar area genangan seluas 62 hektar itu kini telah ditanami padi.

Pada hari Senin (15/8/2011), beberapa warga terlihat memindahkan bibit padi dari persemaian ke area genangan yang telah "dikapling". Sebagian lain berupaya menyiapkan lahan dengan mengelakkan air dan beberapa lainnya merawat tanaman dengan membersihkan rumput liar.

Sejumlah petani penggarap situ mengatakan, beberapa sungai yang menjadi sumber air Situ Kamojing terus menurun debitnya dan mengering seiring berhentinya hujan dua bulan terakhir. Sungai-sungai itu antara lain Cigelam, Gandasoli, Cileundi, serta Iplik.

Situ Kamojing, yang berada di sisi utara jalan Tol Jakarta-Cikampek, mengairi 125 ha sawah yang tersebar di empat desa, yakni Desa Kamojing, Cikampek Pusaka, Cikampek Selatan, dan Cikampek Barat. Kini sebagian persawahan irigasi di daerah itu mengering dan dianggurkan oleh pemiliknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com