Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garuda-Metro Gelar Cita Tenun Indonesia

Kompas.com - 14/08/2011, 18:32 WIB
EditorAgus Mulyadi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai bentuk kepedulian terhadap pelestarian warisan budaya bangsa, khususnya tenun Indonesia, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk bersama Cita Tenun Indonesia (CTI) dan MetroDepartment Store mengelar festival tenun yang bertemakan "Keindahan Dalam Keragaman".

Melalui festival ini, Garuda Indonesia, Metro Department Store, dan Cita Tenun Indonesia (CTI) berupaya mensosialisasikan nilai dan makna dalam kain tenun Indonesia, serta menjadikan masyarakat memiliki rasa cinta, bangga, dan memiliki atas salah satu warisan budaya bangsa.  

"Festival tenun ini menampilkan berbagai koleksi kain tenun dari para perajin tenun Bali dan Sambas-Kalimantan Barat, dan juga menampilkan koleksi tenun Bali ready-to-wear ekslusif hasil karya dari fashion designer putra bangsa, Priyo Oktaviano," kata VP Corporate Communication Garuda Indonesia, Pudjobroto, Minggu (14/8/2011) di Jakarta.

Seluruh kain tenun yang ditampilkan merupakan produk perajin mitra binaan Garuda Indonesia dan CTI, yang telah mengikuti Program Pelatihan dan Pengembangan Perajin Tenun Bali periode 2009-2011, serta Sambas periode 2010-2012.                

Festival tenun berlangsung hingga 29 Agustus 2011, dan dilaksanakan di tiga lokasi Metro Department Store yang tersebar di Jakarta Selatan, yakni di Metro Pondok Indah (periode 29 Juli 2011 - 14 Agustus 2011), Metro Gandaria City (periode 12 - 22 Agustus 2011), dan Metro Plaza Senayan (periode 22 - 29 Agustus 2011).

Pengunjung juga dapat menyaksikan Peragaan Busana koleksi tenun Bali oleh Priyo Oktaviano di Metro Pondok Indah (14 Agustus 2011; pukul 15.00), dan Metro Gandaria City (21 Agustus 2011; pukul 15.00), serta demo menenun oleh perajin tenun Bali pada periode waktu di Metro Gandaria City.                

Ketua Cita Tenun Indonesia (CTI), Okke Hatta Rajasa, mengatakan bahwa keberhasilan para mitra binaan untuk masuk ke Department Store merupakan kebanggaan tersendiri bagi CTI. Hal ini berarti bahwa tim pembinaan telah berhasil memenuhi kualitas mutu yang dipersyaratkan oleh Departemen Store terkenal seperti METRO.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Emirsyah Satar, mengatakan kerja sama yang baik antara Garuda Indonesia, CTI, dan Metro ini dapat menjadi salah satu tonggak kebangkitan industri tenun masyarakat. Kesempatan yang diberikan kepada para mitra binaan Garuda Indonesia dan CTI ini, telah membantu kain tenun Indonesia dapat dikenal secara lebih luas oleh para pencinta tenun khususnya, dan di Indonesia pada umumnya.                

Sementara itu Presiden Direktur Metro Department Store, Christine Barki, mengatakan bahwa dukungan kepada Garuda Indonesia dan CTI pada Festival Tenun dengan tema "Keindahan Dalam Keragaman" ini tidak ditujukan sebagai kegiatan komersial semata. Lebih jauh melalui program ini Metro mencoba mewujudkan komitmen dalam mendukung pengembangan dunia fesyen dalam negeri, serta menjadikan kegiatan ini sebagai salah satu bentuk dari Corporate Social Responsibility (CSR) Metro Departemen Store.                

Pada awal tahun 2011 lalu, CTI juga telah meluncurkan buku tenun yang berjudul "Tenun: Handwoven Textiles of Indonesia". Buku tersebut berisi berbagai dokumentasi varietas kain tenun, mulai dari bukti-bukti autentik dari era apa ia berasal, jenis-jenis preservasi yang telah dilakukan, hingga modernisasinya.    

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.