Gunung Marapi di Sumbar Terus Dipantau

Kompas.com - 12/08/2011, 21:14 WIB
EditorRobert Adhi Ksp

PADANG, KOMPAS.com - Pemantauan terhadap aktivitas Gunung Marapi di Sumatera Barat dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Demikian dikatakan Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumbar Ade Edward, Jumat (12/8/2011).

Ade mengatakan, pemantauan secara kuantitatif dilakukan oleh Pos Pengamatan Gunung Api Marapi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Kota Bukittinggi. Itu dilakukan lewat sejumlah peralatan seperti seismograf digital.

Adapun pemantauan kualitatif dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumbar dengan memasang kamera pemantau. "Kamera ini untuk melakukan pemantauan aktivitas gunung secara visual, karena lokasi kita kan jauh dari pusat aktivitas gunung," kata Ade.    

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.