Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China, Cina, atau Tionghoa?

Kompas.com - 12/08/2011, 12:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Forum Bahasa Media Massa (FBMM) dan Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, Jumat (12/8/2011)  mulai pukul 14.00 dan diakhiri dengan buka puasa bersama, menggelar diskusi bahasa mengenai China, Cina, Tionghoa, atau Tiongkok. Diskusi digelar di Wisma Antara, Jakarta.

Dalam soal penulisan China, menurut Ketua Umum FBMM TD Asmadi, media massa beragam sikapnya. Ada media massa seperti Kompas, yang menuliskan dengan China.

Namun, ada pula media massa yang menuliskan dengan Cina, Tionghoa, atau bahkan Tiongkok.

Pembicara diskusi itu adalah Direktur Utama PT PLN Dahlan Iskan, budayawan Remy Sylado, serta perwakilan Kedutaan Besar Republik Rakyat China, Kementerian Luar Negeri, dan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Direktur Utama Antara Ahmad Mukhlis Yusuf akan memberikan pidato pembukaan.

Dahlan Iskan adalah orang yang memperkenalkan penggunaan kata Tiongkok untuk menyebut China. Menurut Asmadi, dari diskusi itu diharapkan diketahui latar belakang pembedaan cara penulisan China dan mengetahui sesungguhnya pengistilahan yang tepat. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com