Pratu Hasirun Divonis 6 Bulan

Kompas.com - 11/08/2011, 13:31 WIB
EditorBudiman

 

JAYAPURA, KOMPAS.com-- Pratu Hasirun, salah satu terdakwa dalam kasus dugaan penganiayaan yang berujung pada tewasnya Kinderman Gire, divonis enam bulan penjara dipotong masa tahanan. Hakim Pengadilan Militer Jayapura d alam sidang yang digelar, Kamis (11/8) menilai anggota Batalyon 753/AVT Nabire itu terbukti bersalah melanggar perintah dinas, yaitu tidak boleh melakukan kekerasan kepada masyarakat.

Oleh majelis hakim yang diketuai Letkol Adil, Pratu Hasirun dianggap terbukti memukul warga yang dicurigai sebagai anggota kelompok sipil bersenjata. Peristiwa yang melibatkan Pratu Hasirun itu terjadi pada tanggal 17 Maret 2010 lalu.

Dalam peristiwa itu, seorang warga yaitu Kinderman Gire tewas karena terkena tembakan yang dilepaskan oleh Prada Heri P. Dalam sidang  berbeda, dua terdakwa lain dalam kasus tersebut, yaitu Pratu Heri P di vonis 1,3 tahun penjara dan Sertu ST Sihombing dijatuhi hukuman tujuh bulan penjara oleh majelis hakim yang diketuai oleh Mayor Heri.

Menurut keterangan Panitera Kapten Muhammad Saleh, hukuman yang diterima Pratu Heri lebih berat karena akibat kelalaiannya, jatuh korban jiwa yaitu Kinderman Gire.(jos)

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.