Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Perbatasan Sambut 17 Agustus

Kompas.com - 10/08/2011, 15:50 WIB

SAMBAS, KOMPAS.com- Masyarakat perbatasan Indonesia dan Malaysia di Kecamatan Sajingan Besar, Sambas, Kalimantan Barat, sangat antusias menyambut peringatan kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus mendatang. Rasa nasionalisme masyarakat perbatasan terus meningkat sejak mendapat perhatian pemerintah.

Masyarakat mulai menggelar berbagai perlombaan, memasang umbul-umbul, dan mempercantik lingkungan seperti terpantau pada Rabu (10/8/2011).

Temenggung Dayak di Aruk, Sajingan Besar, Rupinus Dinggah, mengatakan, 15 tahun lalu masyarakat Sajingan Besar yang tinggal di perbatasan merasa belum mengalami kemerdekaan walaupun Indonesia sudah merdeka. "Dulu, kalau mau ke Sambas perlu waktu sekitar dua hari menggunakan perahu. Sekarang, setelah jalan dibuka, ke Sambas kira-kira  hanya butuh empat jam. Sekarang kami merasakan kemerdekaan," kata Dinggah.

Natalia (45), warga Aruk, mengatakan, dulu masyarakat perbatasan harus berjalan kaki setengah hari sebelum sampai ke pelabuhan dan selanjutnya naik perahu kecil ke Sambas. "Dulu bahan makanan banyak yang harus didatangkan dari Malaysia. Sekarang sebagian besar sudah bisa didatangkan dari Sambas," kata Natalia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com