Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca Bentrok, Gelar Penyelesaian Adat

Kompas.com - 05/08/2011, 16:09 WIB

JAYAPURA, KOMPAS.com - Kondisi terakhir Ilaga, Kabupaten Puncak pasca bentrok antar massa pendukung peserta pilkada semakin kondusif. Ditemui di ruang kerjanya, Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Wachyono, Jumat (5/8/2011) mengatakan, Jumat siang tengah digelar upacara adat yang diikuti oleh pihak-pihak yang bertikai.

"Langkah itu penting untuk menyelesaikan konflik antarmasyarakat yang terlibat bentrok. Moga-moga ada kesepakatan," kata Wachyono.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, massa pendukung dua calon peserta pemilihan kepala daerah di Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua pada hari Sabtu dan Minggu lalu bentrok. Data terakhir dari polisi menyebutkan, 19 orang tewas dan tiga lainnya luka-luka.

Banyak pihak menyayangkan terjadinya peristiwa tersebut termasuk Ketua Sinode Gereja Kingmi di Tanah Papua Benny Giyai. Ia menghimbau agar semua pihak mampu menahan diri. Pemerintah diharapkan melibatkan para tokoh masyarakat untuk turut serta menyelesaikan kasus tersebut agar tidak berkembang.

Akibat bentrok yang memakan korban jiwa itu, pilkada di Kabupaten Puncak ditunda. Menurut Ketua KPU Provinsi Papua Benny Sweny, tahapan pilkada akan dilakukan lagi setelah KPU Kabupaten Puncak menyelesaikan revisi tahapan pilkada di kabupaten tersebut.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com