Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemhub Panggil Maskapai Penerbangan

Kompas.com - 02/08/2011, 07:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Perhubungan berencana memanggil semua maskapai penerbangan, Rabu (3/8/2011 ), untuk membicarakan persiapan Lebaran. Kementerian ini mengingatkan, tidak ada kenaikan tarif bagi angkutan udara.

"Nggak berubah. Tarif tetap tidak ada kenaikan," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemhub Herry Bhakti di Jakarta, Senin.

Untuk membicarakan masalah tarif dan persiapan lain terkait Lebaran, lanjutnya, Kemhub akan memanggil semua maskapai penerbangan. "Nanti hari Rabu, saya kumpulin semua airlines bicarakan itu," ujarnya.

Ia menuturkan, tidak ada toleransi untuk kenaikan tarif khusus pada masa Lebaran. Kalaupun ada, kenaikan tarif itu tidak boleh melebihi batas atas yang ditetapkan pemerintah.

Secara terpisah, Badan Pusat Statistik di Jakarta, Senin, melaporkan, tarif angkutan udara memberi andil cukup besar bagi angka inflasi Juli 2011, yaitu 0,67 persen. Tarif angkutan udara memberi porsi 0,03 persen terhadap angka inflasi tersebut. Tarif ini menjadi dominan di sektor transportasi, komunikasi, dan jasa keuangan. Besarnya pengaruh terhadap inflasi ini berkaitan dengan masa liburan sekolah yang berlangsung pada bulan Juni-Juli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com