Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Diminta Segera Ungkap Kasus Nafri

Kompas.com - 01/08/2011, 22:18 WIB

JAYAPURA, KOMPAS.com - Elemen masyarakat Kota Jayapura, Papua meminta aparat keamanan baik Polisi dan TNI untuk segera mengungkap kasus penembakan di Kampung Nafri, Abepura, Jayapura, Papua, pada Senin dinihari yang mengakibatkan empat orang tewas.

"Kami minta kepada Pak Polisi untuk segera mengungkap siapa dibalik kasus ini," kata ketua lembaga masyarakat adat Kabupaten Keerom, Bonefasius A Muenda, di Jayapura.

Dikatakannya, kurang dari setahun penembakan terhadap warga sipil di tempat yang sama terulang kembali. Untuk itu aparat keamanan harus segera bergerak cepat dan tepat tanpa membuat masyarakat terusik dengan insiden tersebut.

"Secepat mungkin harus diungkap, tanpa membuat masyarakat terusik oleh pengejaran dan penyisiran," ujar Bonefasius.

Sementara itu, pemimpin persatuan gereja-gereja Baptis di Papua Socrates Sofyan Nyoman mengatakan penembakan tersebut merupakan tindakan kekerasan diluar batas kemanusiaan yang harus segera diungkap.

"Ini tindakan yang brutal, dan harus segera diungkap. Dan saya yakin ini pelakunya bukan dari mereka (TPN/OPM) yang berjuang di hutan-hutan. Tetapi sekelompok orang yang sengaja dipelihara oleh kalangan tertentu," katanya tanpa menjelaskan maksudnya lebih jauh.

Senada dengan Muenda, Wakil Ketua Komnas Ham Papua Matius Murib mengatakan insiden tersebut bukan yang kali pertama di sekitar Kampung Nafri. Akhir 2010 insiden serupa juga pernah terjadi.

"Untuk itu kesigapan aparat keamanan sangat diperlukan untuk mengungkap kasus ini.Kesigapan dan kecekatan aparat keamanan untuk ungkap kasus ini sangat diperlukan," katanya.

Matius juga meminta semua pihak ikut mengawal pengungkapan persitiwa tersebut dan pihaknya akan membantu mendorong kepolisian untuk segera mengungkap kasus tersebut. "Kami akan mendorong agar paristiwa ini segera ditindaklanjuti dan ungkap siapa dibalik semua ini," katanya.

Pada Senin dini hari pukul 03.15 WIT terjadi penghadangan dengan penembakan disertai pembacokan di sekitar Kampung Nafri, Kota Jayapura, Papua oleh kelompok bersenjata terhadap sejumlah warga masyarakat yang menumpang dan mengendarai kendaraan roda empat.

Akibatnya empat orang meninggal, satu diantaranya anggota TNI. Empat lainnya juga dikabarkan mengalami luka-luka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com