Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Freddy: Gaji Pilot Rp 45 Juta, Kurang Apa?

Kompas.com - 28/07/2011, 02:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Perhubungan Freddy Numberi mengungkapkan, gaji pilot Garuda lebih besar daripada gajinya sebagai menteri.

"Sekarang mereka terima gaji berapa? Rp 45 juta. Menteri saja cuma Rp 19 juta. Lebih gede dari saya gajinya. Masih kurang apa, sih?" ucap Menteri Perhubungan (Menhub) di Jakarta, Rabu (27/7/2011).

Terkait persoalan gaji pilot lokal dengan pilot asing, Freddy menjelaskan hal itu sudah memiliki formula yang jelas.

Bila ingin menjadi pilot asing, ujarnya, pilot yang sekarang harus keluar dari Garuda. Setelah setahun kerja, kontrak habis, pulang kembali, dan melamar ke Garuda.

Menhub menengarai, aksi mogok pilot dilakukan sekelompok pilot saja. Menurutnya, itu pun disebabkan masalah pribadi dengan direktur operasional.

Mulai pukul 00.00, Kamis (28/7/2011), para pilot Garuda yang tergabung dalam Asosiasi Pilot Garuda (APG) melakukan aksi mogok terbang sebagai wujud protes terhadap kesalahan manajemen yang mengakibatkan terjadinya kesenjangan penghasilan antara pilot lokal dan pilot asing berstatus kontrak dalam beberapa bulan terakhir. (Srihandriatmo Malau)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com