Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antre 5 Jam Baru Dapat Tiket KA

Kompas.com - 25/07/2011, 10:02 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Ratusan orang mengantre di depan kantor pusat reservasi tiket di Stasiun Yogyakarta, Senin (25/7/2011) dini hari. Mereka mengantre untuk mendapatkan tiket kereta api untuk tanggal 3 September 2011.

Mereka mulai mengantre sejak pukul 02.00 dini hari, padahal loket baru dibuka pada pukul 07.00.  "Saya datang ke sini jam dua dini hari tadi. Khawatir kehabisan tiket jika tidak antre lebih awal. Tahun lalu saya sampai tiga kali antre, tetapi tidak kebagian tiket," ujar Nuning, seorang calon pembeli.

Setiap pengantre tiket kereta api diminta mendaftar lebih dahulu kepada petugas keamanan PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional VI Yogyakarta yang berada di reservasi tiket. Setelah mendaftar, mereka akan dicap dan diberi nomor antrean serta kartu pemesanan tiket kereta api.

Langkah ini dilakukan agar antrean lebih tertib dan tidak terjadi saling serobot. Setelah membeli tiket dan keluar dari kantor reservasi tiket, telah siap satu petugas yang akan menghapus cap dan tulisan nomor antrean yang ada di lengan.

"Dengan sistem itu, antrean lebih tertib. Hal ini juga untuk menghindari percaloan tiket. Selain itu, khusus pada arus balik Lebaran, pembelian dibatasi," ujar Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia Daops VI Yogyakarta Eko Budiyanto.

Eko mengatakan, "Untuk hari ini kita melayani pembelian tiket untuk keberangkatan tanggal 3 September 2011 atau pada arus balik Lebaran. Sebagian besar pemesanan tiket untuk tujuan Jakarta, kemudian Bandung dan Surabaya".

"Sampai pagi ini tiket masih, tetapi tinggal sedikit. Selain pemesanan di reservasi juga, kami melayani pemesanan melalui online," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com