Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

70 Persen Tiket KA Sudah Terjual

Kompas.com - 20/07/2011, 21:11 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Sekitar 70 persen tiket Kereta Api (KA) sudah terjual dengan keberangkatan rata-rata tanggal 27 Agustus 2011, demikian dikatakan Kepala Humas PT KA Daerah Operasional (DO) II Bandung, Bambang S Prayitno, Rabu (20/7/2011).

Menurutnya, dari beberapa KA yang disiapkan sebenarnya masih ada yang belum terlihat tingkat akupansi 100 persen.

"Adapun KA yang tingkat akupansinya menunjukan 100 persen adalah KA eksekutif Mutiara Selatan yang beroperasi pada tanggal 25, 27, 28 Agustus, dengan jurusan Bandung-Surabaya," katanya.

"Sedangkan untuk KA Argo Wilis tingkat akupansi menunjukkan pada tanggal 27 Agustus 100 persen, KA Turangga menunjukan tingkat akupansi 100 persen pada tanggal 26 Agustus," paparnya.

"Kemudian untuk KA Harina malam menunjukan akupansi 100 persen pada tanggal 26 Agustus, KA Lodaya pagi jurusan Yogyakarta-Solo menunjukan akupansi pada tanggal 26,27,28 Agustus sedangkan untuk KA Lodaya malam sama dengan Lodaya pagi," ungkapnya.

Dilanjutkannya, dari data tersebut dapat disimpulkan pada H-7 tingkat akupansi 70 persen, dan itu merupakan keberangkatan KA ke arah timur.

Sedangkan untuk keberangkatan KA ke arah barat, ia mengatakan rata-rata penumpang hanya melakukan reservasi 40 persen dibanding KA ke arah timur yang sudah mencapai 70 persen.

"Biasanya penumpang KA ke arah barat lebih memilih membeli tiket secara langsung, selain itu karena KA Argo Parahyangan keberangkatannya 6 kali perjalanan," katanya.

Meski begitu, ia sarankan penumpang KA ke arah barat pun menggunakan tiket reservasi. Sementara itu, ia mengungkapkan, untuk menghindari praktek percaloan maka calon penumpang hanya bisa membeli 4 tiket per orang.

Kemudian untuk pengamanan Lebaran, dikatakannya ada 324 personil yang siap mengamankan, terdiri dari Polri, TNI, dan POM, "kita sebarkan mulai dari Purwakarta, Bandung, Kiara Condong, Tasikmalaya, dan Banjar," lanjut Bambang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com