Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

44 Pemuda Wakili Polda Metro Tes Akpol

Kompas.com - 15/07/2011, 16:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sidang Kelulusan Tingkat Panitia Daerah Penerimaan Taruna Akademi Polisi (Akpol) meluluskan 44 calon tahuna Akpol dari Polda Metro Jaya ke tes tingkat pusat Akpol di Semarang (Jawa Tengah), Jumat (15/7/2011) siang.

Rangking pertama peserta yang lulus itu adalah Reza Arief Khadafi (17) lulusan SMA 36 Cijantung, Jawa Timur dengan poin 77,27.

Calon taruna Akpol yang mewakili Polda Metro Jaya ini akan bersaing lagi untuk menjadi taruna Akpol, yang tahun ini hanya menerima 400 taruna. Sementara total calon taruna yang lulus di tingkat daerah/polda mencapai 462 orang.

Wakil Kepala Polda Metro Jaya Brigjen (Pol) Suhadi Alius, sebelum pengumuman kelulusan calon taruna Akpol dari Polda Metro Jaya, menegaskan, seleksi penerimaan calon taruna sudah berlangsung dengan bersih, transparan, akuntbel, dan humanis. "Di setiap tes, bukan saja diawasi dari pihak Polda Metro Jaya, tetapi juga dari pengawas independen," katanya.

Pada kesempatan itu Suhardi juga mengingatkan agar peserta tes dan orang tua peserta tes untuk tidak kecil hati, kalau tidak lulus tes kali ini. Sebab, masih ada kesempatan tahun berikutnya untuk mencoba kembali.

Sedangkan bagi yang lulus kali ini, Suhardi meminta agar para orang tua tidak pernah lupa mendoakan putra putrinya agar dapat lulus dalam seleksi tingkat pusat. Ia juga mengingatkan 44 orang calon taruna Akpol itu untuk menjaga kondisi karena tes ditingkat pusat pun sangat ketat.

Pengumuman kelulusan calon Akpol dari Polda Metro Jaya diumumkan terbuka dengan mem asukan semua nilai tes, yang dihitung secara komputerisasi dan langsung dilihat para orangtua dan peserta tes calon taruna di ruang pertemuan Gedung Serbaguna Polda Metro Jaya, Jumat (15/7/2011) siang.

Kepala Bagian Pengedalian Personel Biro Sumber Daya Manusia Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Bariza Sulfi menjelaskan, pelayar SLTA yang mendaftar tes calon taruna Akpol melalui Biro SDM Polda Metro Jaya tahun ini mencapai 1.606 orang, dimana 16 0 otang diantaranya adalah perempuan.

Dari jumlah tersebut, yang berhasil lulus sampai tes terakhir hanya 81 orang. Yang akhirnya lolos untuk terus mengikuti tes di tingkat pusat, hanya 44 orang, dimana lima orang di antaranya perempuan.

"Jadi, yang diambil adalah rangking 1 sampai 44 saja. Kenapa 44 saja, sebab tahun ini jatah untuk Polda Metro Jaya mengusulkan calon taruna Akpol dari wilayah hukum Polda Metro Jaya hanya 44 orang," jelas Bariza.

Ia menambahkan, berdasarkan informasi yang diterimanya, total calon taruna yang lulus di tingkat daerah/polda mencapai 462 orang. Dari 32 Polda yang lulus tes tingkat daerah ada 462 orang. Sedangkan Akpol hanya menerima 400 taruna. "Jadi, akan ada persaingan dan tes ketat lagi di Semarang," katanya.

Tes penetuan tersebut berlangusng di Kampus Akpol di Semarang (Jawa Tengah) mulai 21 Juli - 16 Agustus 2011. "Semoga kondisi calon taruna Akpol dari Polda Metro Jaya tetap sehat dan prima sehingga lulus semua. Ini sudah hasil yang terbaik dengan tes yang berlangsung bersih, transparan, aktuntabel, dan humanis," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com