"Sumber Kencono" Jadi "Sumber Selamat"

Kompas.com - 14/07/2011, 12:48 WIB
EditorKistyarini

SURABAYA, KOMPAS.com — Perusahaan operator bus antarkota antarprovinsi  "Sumber Kencono" mengganti nama busnya menjadi "Sumber Selamat.

Ketua UPT Terminal Purabaya, Surabaya, Jawa Timur, May Ronald mengatakan, Kamis (14/7/2011), berdasarkan surat pemberitahuan pergantian nama yang sudah dimasukkan ke Dinas Perhubungan Provinsi Jatim dan Kota Surabaya dua minggu lalu, ada 80 armada bus Sumber Kencono yang berubah nama.

Perubahan nama itu nantinya diikuti perubahan pada buku uji, kartu pengawasan, dan kartu izin trayek.

"Saya harap, bukan hanya namanya yang berubah, tetapi juga pada pelayanan penumpang, serta tata cara mengemudi di jalan raya," kata Ronald.

PO Sumber Selamat mengoperasikan sekitar 230 armada yang mengambil trayek antarkota antarprovinsi  (AKAP) di jalur selatan Jawa jurusan Surabaya-Solo dan Surabaya-Yogyakarta.

Tiga tahun terakhir, menurut data Ditlantas Polda Jatim yang dihimpun dari data kecelakaan lalu lintas di Polres Sidoarjo, Mojokerto, Jombang, Ngawi, Nganjuk, dan Madiun, PO Sumber Kencono sering mengalami kecelakaan lalu lintas.

Saking seringnya armada bus ini mengalami kecelakaan, nama Sumber Kencono dipelesetkan menjadi "Sumber Bencono" alias "sumber bencana".

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selama 2009 hingga September 2010, tercatat Sumber Kencono mengalami 51 kecelakaan yang menelan 129 korban, sebanyak 36 korban di antaranya meninggal dunia, dan sisanya 31 korban luka berat dan 59 korban luka ringan. Bahkan di Ngawi, Bus Sumber Kencono sempat dibakar warga.

Sementara pada 2011, bus ini bertabrakan dengan truk bak terbuka di Jalan Raya Madiun-Surabaya Km 133-134, tepatnya di Dusun Petung, Desa Pajaran, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun.

Dalam kecelakaan itu, 10 orang tewas, yang terdiri dari sembilan penumpang truk dan seorang kernet bus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.