Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gali Tebing, 9 Perempuan Pekerja Tertimbun

Kompas.com - 13/07/2011, 14:49 WIB

GARUT, KOMPAS.com — Sembilan pekerja tertimbun tanah longsor di Blok Pasir Huut, Desa Purwajaya, Kecamatan Peundeuy, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu (12/7/2011) siang. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Kompas.com, para pekerja itu tengah melakukan pengerukan tebing setinggi 3 meter untuk kebutuhan pelebaran jalan Desa Purwajaya yang didanai Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM).

Ketika sejumlah warga tengah menambal beberapa bagian jalan yang rusak di jalan sepanjang 1.300 meter di kawasan tersebut, tiba-tiba salah satu tebing ambrol dan langsung menimpa pekerja yang tengah berada di bawah tebing.

"Ada sembilan pekerja pelebaran jalan yang sempat tertimpa longsor, tetapi alhamdulillah tak ada korban jiwa. Semuanya selamat," kata Camat Peundeuy Dadang kepada Kompas.com.

Kesembilan pekerja yang tertimpa longsor yaitu Hanah (43), Enem (42), Sadiyah (44), Epi (35), Dede (37) Entin (40), Isah (30), Lilin (30), dan Rumtasih (35).

Dua pekerja mengalami luka berat akibat peristiwa tersebut, yakni Hanah dan Enem, warga Kampung Legok Cumanggala, Desa Purwajaya.

"Memang malamnya sempat diguyur hujan. Tiba-tiba tebing langsung ambrol dan menimpa sembilan warga. Semuanya perempuan. Sementara yang lain langsung berlarian," ujarnya.

Korban yang mengalami luka berat dan luka ringan langsung dievakuasi dan mendapat perawatan di Puskesmas Cihurip. Namun, dua orang di antaranya harus dirujuk ke RSUD Garut karena mengalami pendarahan serius.

"Sementara korban luka ringan hanya dirawat di puskesmas. Yang lainnya sudah diperbolehkan pulang. Mereka hanya kaget dan shock," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com