Aktivitas Gunung Lokon Meningkat

Kompas.com - 12/07/2011, 05:43 WIB
EditorJimmy Hitipeuw

MANADO, KOMPAS.com — Gunung Lokon di Kota Tomohon, Sulawesi Utara, terus mengeluarkan semburan sejak Senin (11/7/2011) dini hari. Semburan material vulkanik membuat sebagian wilayah Kota Tomohon berdebu dan status gunung dinaikkan dari Siaga menjadi Awas sejak Minggu pukul 22.00.

Jika kondisi semakin membahayakan, masyarakat akan dievakuasi. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi menaikkan status Lokon menjadi Awas karena peningkatan aktivitas vulkaniknya dalam beberapa hari terakhir.

"Sudah ada dua letusan pada pukul 00.39 dan 00.50, memuntahkan material vulkanik sepanjang 2 kilometer (km) ke arah timur dengan ketinggian asap 600 meter. Pusat erupsi ada di Kawah Tompaluan. Letaknya di lembah antara Kawah Lokon dan Kawah Empung," kata Kepala PVMBG Surono, Senin kemarin.

Selengkapnya mengenai laporan ini dapat disimak di: http://cetak.kompas.com/read/2011/07/12/05132630/aktivitas.gunung.lokon.meningkat.

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X