Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Penumpang di Merak Melonjak

Kompas.com - 27/06/2011, 03:21 WIB

Cilegon, Kompas - Jumlah penumpang yang hendak menyeberang melalui Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, pada liburan sekolah ini naik dibandingkan dengan hari biasa. Meningkatnya jumlah penumpang sejak pekan lalu itu diperkirakan masih akan berlangsung hingga pertengahan Juli mendatang.

”Peningkatan jumlah penumpang feri ini terjadi baik pada penumpang pejalan kaki maupun yang berada di atas kendaraan,” kata Kepala PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan Indonesia Ferry (Persero) Cabang Merak La Mane di Cilegon, Banten, Minggu (26/6).

Lonjakan penumpang terutama terjadi pada akhir pekan. Sebagai gambaran, jumlah penumpang pejalan kaki sepanjang Jumat dan Sabtu akhir pekan ini masing-masing 4.705 orang dan 5.162 orang. Jumlah ini lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata jumlah penumpang di Merak yang sekitar 3.500 orang per hari.

Jumlah rata-rata penumpang di atas kendaraan yang menyeberang di Merak sekitar 21.000 orang per hari pun terlam- paui pada akhir pekan ini. Jumlah penumpang pada Jumat dan Sabtu masing-masing mencapai 28.324 orang dan 27.226 orang.

Lonjakan jumlah penumpang di Merak ini sebanding dengan meningkatnya jumlah sepeda motor, mobil pribadi, dan bus yang terangkut feri di lintas Merak-Bakauheni. Jumlah sepeda motor yang rata-rata 713 unit per hari melonjak hingga menembus 1.000 unit per hari.

Jumlah mobil pribadi yang dalam sehari rata-rata 1.926 unit meningkat pada akhir pekan lalu, yakni mencapai 2.767 unit pada Jumat dan 2.608 unit pada Sabtu. Demikian pula jumlah bus yang rata-rata 264 unit per hari, meningkat menjadi 358 unit dan 349 unit sepanjang Jumat dan Sabtu lalu.

”Biasanya puncak kedatangan mobil pribadi antara pukul 19.00 dan 24.00, tetapi belakangan ini kendaraan pribadi berdatangan sepanjang waktu dari dini hari hingga tengah malam,” kata La Mane.

Perahu cepat

Selain naik feri, banyak penumpang memilih menggunakan perahu cepat untuk menyeberang dari Merak menuju Bakauheni. Lama tempuh perahu cepat ini hanya sekitar satu jam, lebih singkat dibandingkan dengan naik feri yang sekitar 2,5 jam.

Namun, tarif naik perahu cepat lebih tinggi dibandingkan dengan tarif feri. Sebagai perbandingan, tarif naik perahu cepat untuk penumpang dewasa Rp 30.000 per orang, penumpang anak-anak Rp 15.000 per orang. Adapun tarif feri untuk penumpang dewasa Rp 11.500 per orang, penumpang anak-anak 7.000 per orang.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com