Bung Karno Itu Titisan Dewa Wisnu

Kompas.com - 22/06/2011, 15:41 WIB
EditorBenny N Joewono

DENPASAR, KOMPAS.com — Gubernur Bali Made Mangku Pastika yang mengidolakan mantan Presiden RI Soekarno menyanjung tinggi proklamator kemerdekaan tersebut saat membuka Pameran Foto Dokumentasi Bung Karno "Aku Melihat Indonesia", di Wantilan DPRD Provinsi Bali, Rabu (22/6/2011).

Tak tanggung-tanggung, Pastika menganggap Ayahanda Megawati Soekarnoputri tersebut sebagai titisan Batara (Dewa) Wisnu atau Dewa Penyelamat.

"Saya berpendapat secara pribadi, beliau itu seorang batara, saat dunia dicekam ketakutan, Tuhan telah mengirimkan Batara Wisnu untuk menyelamatkan bangsa Indonesia," sanjung Pastika.

Pancasila yang merupakan dasar negara Indonesia juga lahir dari pemikiran tokoh yang mendunia pada zamannya ini.

"Beliau seorang insinyur, lulusan teknik, namun mampu menggali nilai-nilai sejarah Pancasila. Tanpa Bung Karno, barangkali kita sekarang tidak pernah mengenal Pancasila," tutur Pastika.

Ekspresi Bung Karno dalam foto-foto yang ditampilkan pada pameran ini semakin mendorong Pastika untuk mengumbar kekagumannya.

"Kita harus akui kehebatan dan pengetahuan Bung Karno luar biasa, di tengah tekanan situasi saat itu, di usianya yang masih 26 tahun telah mendirikan partai, beliau berjuang dari penjara ke penjara. Ini jauh berbeda dengan situasi kita yang bebas bicara dan berpendapat," jelas Pastika.

Pameran foto untuk memperingati hari lahirnya Pancasila pada 1 Juni dan lahirnya Bung Karno pada 6 Juni lalu ini menampilkan perjalanan sejarah Bung Karno.

Sebanyak 53 foto yang ditampilkan merupakan koleksi pribadi Prananda Prabowo, putra Megawati Soekarnoputri, yang tak lain adalah cucu Bung Karno.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.